Artritis


Arthritis / Radang Sendi

Arthiritis adalah peradangan atau inflamasi satu sendi atau beberapa sendi sebagai sebuah reaksi terhadap sautu infeksi. Penyakit ini terjadi selama seumur hidup dan bisa menyerang  pria serta wanita yang berusia diatas 55tahun. Penderita biasanya akan mengalami pembangkakan dan kaku pada sendi sehingga tubuh menjadi sulit digerakkan dan terasa sakit. Jika penyakit ini dibiarkan maka akan berakiibat kerusakan jaringan.

Walaupun biasa nya arthritis menyerang kaki dan tangan, penyakit ini juga bisa menyerang bagian tubuh yang lain seperti pembuluh darah, kulit da paru-paru.  Terdapat beberapa jenis arthritis, namun yang paling umum dujumpai aalah :

  • Rheumatoid arthritis (RA), jenis radang arthritis dimana sinovium (lapisan cairan pelindung sendi) meradang sehingga menyebabkan pembengkakakn dan rasa sakit. Jika dibiarkan begitu saja RA mengakibatkan kelainan bentuk pada sendi.
  • Juvenile Rheumatoid arthritis (RA), jenis penyakit ini menyerang pasien muda yang berusa dibawah 16 tahun. JRA terbagi menjadi tiga jenis : JRA pauciartikular yaitu empat sendi atau kurang yang terserang, JRA poliartikularketika lebih dari empat sendi yang terserang dan keadaanya semakin memburuk, JRA sistemis yaitu menyerang seluruh tubuh.

Penyebab Arthritis

  • Infeksi yang terjadi pada tubuh dapat mempengaruhi terjadinya arthritis, namun ada yang beberapa teori yang menyebut penyebab Arthritis adalah hasil fragmen dari system kekebalan tubuh dalam membasi mikroorganisme yang menginfeksi tubuh masuk kedalam aliran darah yang kemudian mempengaruhi bagian tubuh tertentu seperti sivonium sendi. Penyebab lain adalah system kekebalan tubuh yang seharusnya melawan infeksi tetapi justru menyerang sel normal pada persendian dan membuatn sendi terasa nyeri, kaku dan bengkak.

Penyebab lain :

  • Cedera lama
  • Kegemukan / obesitas
  • Turunan genetic
  • Reaksi alergi
  • Pekerjaan dengan banyak tekanan fisik

Diagnosis Arthritis

Terdapat beberapa tes yang dapat dilakukan untuk  mendiagnosis Arthritis yaitu pemeriksaan fisik, pemindaian X-ray dan tes darah.

Gejala Arthritis

Gejala penyakit Arthritis akan terlihat 2-4 minggu setelah bagian tubuh mengalami infeksi, namun pada setiap penderita gejala yang dialami berbeda-beda. Namun gejala yang paling sering terjadi adalah :

  • Bengkak dan nyeri terjadi dengan pola yang simetris.
  • Bengkak pada beberapa sendi pada waktu yang sama.
  • Bengkak dan nyeri biasa terjadi pada sendi-sendi tangan.
  • Kaku pada sendi berlangsung kurang lebih selam 30-60 menit pada pagi hari.

Komplikasi Artiritis

  • Kerusakan sendi, kerusakan sendi akibat peradangan dapat menjadi permanen jika tidak ditagani dengan baik. Contoh kerusakan terjadi pada tendon, tulang rawan dan kelainan bentuk persendian.
  • Cervical myelopathy. Saraf tulang belakang tertekan akibat dislokasi persendian tulang belakang bagian atas. Walau jarang terjadi, jika tidak segera dioperasi, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan saraf tulang belakang permanen dan akan berdampak kepada aktivitas sehari-hari.
  • Peradangan menyebar luas, peradangan dapat menyebar sampai ke paru-paru, pembuluh darah, hati dan mata.
  • Kardiovaskular,penyakit serangan jantung dan stroke dapat terjadi akibat dampak arthiritis yang mempengaruhi pembuluh darah atau jantung. Resiko ini dapat dikurangi dengan rajin berolahraga, makan makanan sehat dan berhenti merokok.
  • Sindrom lorong karpal, kondisi ini terjadi karena saraf median. Saraf yang mengendalikan gerakan dan sensasi dipergelangan tangan tertekan dan menimbulkan gejala kesemutan, mati rasa dan nyeri. Kondisi ini dapat diringankan dengan suntikan steroid.

Pengobatan Arthritis

Penyakit Arthritis sampai saat ini belum ditemukan obatnya, sehingga penderita Arthritis hanya bisa melakukan perawatan  saja.  Perawatan dapat membantu mengurangi gejala peradangan dipersendiaan, mencegah atau memperlambat kerusakan persendiaan. Ada beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk menekan perkembangan penyakit ini antara lain :

  • Perawatan terapi biologis, yaitu perawatan yang berfungsi untuk menghentikan system kekebalan tubuh yang menyerang persendian.  Perawatan ini dilakukan dengan cara menyuntikkan protein yang berasal dari genetika manusia. Bagian yang disuntik adalah bagian tubuh yang memicu peradangan yang menyebabkan kerusakan jaringan. Pengobatan ini juga memiki efek samping, tetapi hanya efek samping yang ringan seperti demam, infeksi, mual, sakit kepala dan reaksi kulit pada titik penyuntikan.
  • Obat pereda sakit, obat pereda rasa sakit  seperti parasetamol atau kodein digunakan untuk meredakan rasa sakit. Selain itu obat antiinflamasi non-steroid juga bisa digunakan. Obat jenis ini tidak dapat mencegah perkembangan arthiritis , namun dapat meredakan rasa sakit dan peradangan pada sendi.
  • Terapi, beberapa terapi yang dapat dilakukan adalah okupasi, podiatry dan fisioterap untuk membuat sendi lebih flexible serta membantu kekuatan  otot dan kebugaran tubuh.
  • Operasi, operasi dilakukan untuk memperbaiki bentuk, kerusakan persendian, membantu mengembalikan kemampuan persendian serta meredakan sakit. Operasi dilakukan apabila semua jenis pengobatan yang dilakukan tidak membuahkan hasil. Berikut prosedur operasi Arthiritis yang dapat dilakukan :
    1. Perbaikan tendon : dilakukan untuk memperbaiki tendon yang putus atau kendur disekitar persendian yang mengalami kerusakan dan peradangan.
    2. Penggantian sendi total, dilakukan untuk mengganti semua sendi yang rusak dengan prosthesis yang terbuat dar plastic atau logam.
    3. Operasi penggabungan sendi, dilakukan untuk meredakn nyeri serta menstabilkan sendi jika pergantian sendi total tidak dapat dilakukan.

Mengatasi Arthiritis Dengan Herbal 

Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Rematik terdiri atas berbagai jenis dan bisa menjangkiti persendian mana pun pada tubuh.
Berikut ciri ciri penyakit rematik yang paling umum terjadi adalah :

  • Bengkak dan nyeri (nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan.
  • Kaku pada persendian baik itu tangan, kaki, lutu, pinggang dan lain lain.
  • Sakit atau radang dan terkadang bengkak dibagian persendian pergelangan jari, tangan, kaki, bahu, lutut (dengkul), pinggang, punggung dan sekitar leher.
  • Bengkak pada 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan

Sakit rematik dapat berpindah-pindah tempat dan bergantian bahkan sekaligus di berbagai persendian.Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan
Sakit rematik biasanya kambuh pada saat cuaca mendung saat mau hujan atau setelah mengkonsumsi makanan pantangan seperti : sayur bayam, kangkung, kelapa, santan.
Beberapa jenis obat-obatan herbal untuk penyakit Rematik:

  • Cabe Jawa : Buah cabai jawa memiliki khasiat sebagai obat sakit perut, masuk angin, beri-beri, rematik, tekanan darah rendah, kolera, influenza, sakit kepala, lemah syahwat, bronkitis, dan sesak napas. Karena itu, cabe jamu banyak dibutuhkan sebagai bahan pembuatan jamu tradisional dan obat pil/kapsul modern serta bahan campuran minuman. Rasa pedas itu berasal dari senyawa piperin, dengan kandungan sekitar 4,6 persen.
  • Habbatussauda :Biji habbatussauda mengandung crystalline nigellon dan arganine, sebagai stabilisator sistem imunitas tubuh. Selain itu kandungan karotennya mampu melumpuhkan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan senyawa-senyawa lain yang tepenting bagi kesehatan tubuh sangat komplet, antara lain 15 macam asam amino, protein, kalsium, sodium, potassium, magnesium, zat besi, omega 3 dan 6, vitamin A, B1, B2, C, E, dan niacin. manfaatnya adalah Obat asma,Mengatasi radang / infeksi tenggorokan (faringitis),Mengatasi gangguan pencernaan,Menurunkan kolesterol,Mengoptimalkan metabolisme pencernaan, Mengatasi sembelit / wasir ,Mengatasi panu,

Dalam sebuah hadits disebutkan: “Sesungguhnya di dalam Habbatussauda terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian” {Shohih HR Bukhori, no. 5688; Fathul Baari, X/143; dan Muslim, no. 2215}

  • Daun Salam : Kandungan senyawasalam antara lain tannin, flavonoid, dan minyak atsiri. Untuk mengatasi asam urat yang tinggi, Meningkatkan Imunitas (Daya Tahan Tubuh) pada daun salam terdapat kandungan berbagai jenis vitamin, vitamin C salah satunya yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit.
  • Duan sendok mengandung plantagin,aucubin, ursolic acid,bethasitosterol,hentria-contane dan plantaglucide yang terdiri dari methyl d-galacturonate, D-3galactose, L-arabinose dan L-rhammose. Vitamin B1, C, A dan kalium. Rhinantin, menghilangkan nyeri urat. Manfaat daun sendok anti inflamasi (anti radang), peluruh airseni (diuretic), karena unsur K, peluruh dahak (mucolytic), menghentikan batuk (antitusiv), antiseptik karena glikosid aukubin, aphrodisiak memperbaiki penglihatan pada penderita kencing manis, hepatoprotektor, menormalkan aktivitas hati.
  • Teripang atau Gamat mengandung Kolagen, Mucopolysacarida, Glukosamin, Omega 3, Mineral yang bermanfaat sebagai regenerasi kulit, mengembalikan dan meningkatkan kekenyangan kulit, Menurunkan dan Membantu mengurangi artherosklorosis,Meredakan rasa sakit dibagian sendi,Membantu kesehatan jantung dan pembuluh darah,Berfungsi untuk metabolism tubuh.
  • Mahkota dewa mengandung Alkaloid, senyawa organic berfungsi sebagai detoksifikasi, menetralisir racun-racun di dalam tubuh, Juga menurunkan kadar gula darah, antioksidan, menurunkan kadar asam urat. Saponin merupakan fitonutrien senyawa ini bersifat antibakteri dan . Flavonoid berindikasi antiperadangan dan Membantu mengurangi pertumbuhan kanker. Polifenol berfungsi sebagai antihistamin. Zat lain adalah tannin, sterol, terpen.
Iklan