Asma


Penyakit Asma

Penyakit Asma (Asthma) adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru yang mana terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga bronchiale sehingga mengakibatkan penyempitan saluran nafas yang akhirnya seseorang mengalami sesak nafas. Penyakit Asma paling banyak ditemukan di negara maju, terutama yang tingkat polusi udaranya tinggi baik dari asap kendaraan maupun debu padang pasir.

Penyebab Penyakit Asma

Ada dua faktor yang menjadi penyebab penyakit asma, fakto ini bisa datang dari dalam maupun dari luar. Sebenarnya penyebab penyakit ini belum diketahui belum pasti, namun ada beberapa hal yang dapat memicu penyakit asma.

Faktor dari Dalam

  • Penyakit Turunan

Penyakit asma merupakan penyakit turunan, misalnya jika anda mengetahui teman atau siap saja yang mengidap penyakit asma, bisa dipastikan ia mewarisi penyakit ini dari orang tuanya maupun kakek atau neneknya.

Faktor dari Luar

  • Lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab penyakit asma. Jika memiliki penyakit ini dan sering berada di lingkungan berdebu, kotor dan kurang nyaman maka penyakit asma lebih mudah terpicu sehingga bagi anda yang mengidap penyakit ini seharusnya lebih memperhatikan lingkungan disekitar anda. Misalnya saja, anak-anak yang memiliki penyakit ini, usahakan untuk tidak bermain hewan-hewan seperti kucing, atau hewan lain yang memiliki bulu-bulu halus. Jauhkan juga dari boneka-boneka yang memiliki bulu halus seperti hewan yang saya sebutkan tadi.

  • Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman juga dapat memicu kambuhnya penyakit asma. Beberapa makanan yang sangat buruk dan tidak disarankan untuk pengidap penyakit asma yaitu makanan yang mengandung MSG tinggi, mengandung pengawet, minuman yang bersifat dingin.

  • Udara Dingin

Udara dingin merupakan salah satu pemicu penyakit asma. Misalnya saja, AC ruangan yang terlalu dingin juga dapat memicu asma. Mengendarai kendaraan bermotor di malam hari tanpa mengenakan jaket juga sangat berbahaya bagi pengidap penyakit ini.

Tanda dan Gejala Penyakit Asma: 

  • Pernafasan berbunyi (wheezing/mengi/bengek) terutama saat mengeluarkan nafas (exhalation).
  • Adanya sesak nafas sebagai akibat penyempitan saluran bronki (bronchiale).
  • Batuk berkepanjangan di waktu malam hari atau cuaca dingin.
  • Adanya keluhan penderita yang merasakan dada sempit.
  • Serangan asma yang hebat menyebabkan penderita tidak dapat berbicara karena kesulitannya dalam mengatur pernafasan.

Tanda penyakit asma kronis antara lain:

  • Bertambahnya tingkat keparahan dan frekuensi dari tanda dan gejala asma
  • Turunnya rata-rata maksimum aliran napas yang diukur oleh peak flow meter, peralatan sederhana yang digunakan untuk memeriksa seberapa baik paru-paru anda bekerja
  • Meningkatnya kebutuhan untuk menggunakan bronchodilator – pengobatan yang membuka jalan napas dengan mengistirahatkan otot-otot saluran pernapasan.

Berikut adalah tips untuk penderita asma :

  • Tahu apa pemicu asma.

Asma dapat dipicu oleh beberapa hal yang berbeda. Setiap penderita umumnya memiliki pemicu yang spesifik. Itu sebab, pastikan untuk mengetahui apa pemicu spesifik asma Anda. Mengetahui pemicu berarti akan lebih mudah menghindari pemicu tersebut.
Beberapa contoh dari pemicu asma antara lain serbuk sari, debu, polusi, aroma yang kuat, makanan, dan suhu ekstrim.

  • Mengurangi dan mengelola stres.

Stres adalah faktor lain yang dapat membuat asma lebih buruk. Untuk membantu mengelola stres, beberapa metode seperti pijat, meditasi, olahraga teratur, dan yoga dapat dicoba.

  • Menemukan olahraga yang cocok.

Latihan aerobik baik dilakukan oleh orang yang hidup dengan asma. Latihan ini meliputi joging atau berjalan di pagi hari.
Namun, jangan berlebihan dalam melakukan olahraga. Olahraga berlebihan akan membuat tubuh kelelahan yang dapat memicu serangan asma. Konsultasikan dengan dokter mengenai jenis dan intensitas latihan yang tepat.

  • Memelihara sanitasi yang baik di sekitar tempat tinggal.

Orang yang hidup dengan asma harus berupaya membuat lingkungan rumah sebersih mungkin.Pastikan kamar mandi bersih, tidak lembab, atau ditumbuhi jamur. Pastikan pula seluruh ruangan rumah mendapatkan ventilasi yang cukup.

  • Hindari semprotan insektisida.

Seorang penderita asma harus menghindari semprotan insektisida dan pestisida yang dapat mengganggu saluran pernapasan. Jika ingin membasmi serangga di rumah, gunakan cara lain selain menggunakan racun serangga. Semprotan racun serangga hanya akan memicu serangan asma

  • Tambahkan penyaring udara pada AC.

Debu bisa menjadi pemicu asma. Debu yang beterbangan saat AC dihidupkan bisa menjadi masalah tersendiri bagi penderita asma. Pastikan untuk memasang filter udara pada AC untuk mendapatkan udara yang bersih dari debu.

  • Lakukan latihan pernapasan.

Belajar bagaimana bernapas dalam-dalam juga dapat membantu mengatasi gangguan asma.
Kesulitan bernapas merupakan salah satu dampak serangan asma dan belajar bagaimana mengelola masalah ini akan amat membantu.

  • Meningkatkan konsumsi makanan yang kaya vitamin A, B6, B12, Vitamin C, E, dan omega-3.

Membangun sistem kekebalan tubuh dengan makanan kaya nutrisi seperti disebutkan di atas akan membantu mengurangi derita dan tingkat kekambuhan asma.

  • Berhenti merokok dan jauhi asap rokok.

Asap rokok bisa menjadi pemicu asma. Jadi, berhentilah merokok dan jauhi asap rokok.

  • Hewan peliharaan.

Jika menderita asma, seseorang mungkin ingin memutuskan untuk tidak memelihara hewan peliharaan di rumah.

Cara Mengatasi Penyakit Asma :

Berikut Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Asma dengan sayur dan buah:

1. Alpukat

Alpukat telah diketahui memiliki kandungan konsentrasi paling tinggi l-glutathione ialah makanan anti-asma yang mampu membuat perlindungan sel, melawan rusak disebabkan radikal bebas, dan detoksifikasi tubuh dari polutan serta zat beresiko lain. l-glutathione dalam alpukat juga bisa menolong peradangan quells sistemik dan melakukan perbaikan kesehatan usus yang rusak. Suatu sistem yang pada gilirannya menolong menghindari penyebab asma.

2. Kubis
kubis adalah sumber alami vitamin c yang mempunyai kekuatan unik memblokir radikal bebas dan bertanggung jawab pada kontraksi otot polos saluran napas sisi didalam. Kubis juga adalah sumber fitokimia beta-karoten sebagai antioksidan kuat mengurangi tanda-tanda asma atau mencegahnya.

3. Bayam
Suatu penelitian yang melibatkan 68.535 partisipan wanita menunjukkan bahwa konsumsi tinggi bayam terkait segera dengan menyusutnya resiko asma. Hasil riset ini barangkali didukung oleh fakta bahwa bayam tinggi kandungan vit. c, beta-karoten, vit. e, dan magnesium.

4. Pisang
Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2011 oleh beberapa peneliti dari imperial college london, makan pisang tiap-tiap hari bisa menghindari asma. penelitian tersebut mendapatkan bahwa anak-anak yang makan satu buah pisang 1 hari, alami penurunan risiko tanda-tanda asma layaknya mengi sampai lebih kurang 34 %.

5. Air
umumnya orang yang didiagnosis dengan asma, biasanya situasinya dikarenakan dikarenakan dehidrasi. menurut beberapa pakar, tanda-tanda asma itu awalannya bermula sebagai peringatan bahwa tubuh memerlukan air. hingga anda butuh memenuhi keperluan air tiap-tiap hari untuk menghindar berkembangnya tanda-tanda asma.

6. Jahe
jahe yaitu ramuan anti-asma yang kuat, apalagi sebagian orang menyebutkan bahwa manfaatnya tambah baik dibanding obat antihistamin layaknya benadryl saat membersihkan saluran hawa serta menghentikan peradangan. serat serta karakter antioksidannya bikin jahe bisa jadi obat yang ampuh tanpa menyebabkan dampak samping yang beresiko, yang bermakna safe untuk anda untuk menambahkannya ke didalam makanan sehari-hari serta minuman untuk kesehatan yang baik.

7. Kunyit
bahan aktif anti-inflamasi didalam kunyit juga bisa menangani peradangan yang bertanggung jawab pada pembengkakan paru-paru serta konstriksi saluran pernapasan sepanjang serangan asma. dikarenakan menolong melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot, kunyit adalah senjata ampuh saat mencegah kambuhnya tanda-tanda asma.

8. Apel
apel memiliki kandungan quersetin yang sudah dapat dibuktikan berikan perlindungan yang kuat pada asma. sesuatu studi dari eropa mendapatkan bahwa wanita hamil yang konsumsi sekurang-kurangnya empat apel per minggu, 53 % lebih rendah pada risiko melahirkan anak dengan asma.

Atasi Penyakit Asma Dengan Kombinasi Herbal Asma

Kombinasi Herbal Asma mengandung bahan alami yang mampu mengatasi asma diantaranya :

Mengkudu berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, menormalkan tekanan darah, melawan tumor dan kanker, anti peradangandan anti alergi, melegakan penyakit sinus, asma, bronkitis, ingus meleleh, menghilangkan rasa sakit, meredakan perut kembung, gastritis, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, meredakan radang tenggorokan, mengobati sakit kepala.

Habbatussauda Habasyah atau Jintan Hitam atau Black Seed atau Nigella Sativa atau Minyak Arab adalah herbal yang terbukti ampuh untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh -sebagai obat anti kanker dan AIDS, meningkatkan bioaktivitas hormon, menetralkan racun dalam tubuh, memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri, mengatasi gangguan tidur dan stress, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan, nutrisi bagi lansia dan food suplement, tambahan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui, serta melancarkan ASI. Manfaat Habbatussauda Habasyah yaitu :

  • Menguatkan system kekebalan tubuh
  • Memecah batu ginjal
  • Mengobati diabetes mellitus
  • Meningkatkan produksi susu pada ibu menyusui
  • Memperlambat proses penuaan sel
  • Menormalkan tekanan darah
  • Memperkuat daya konsentrasi
  • Mengobati gangguan lambung dan liver / hati
  • Menyeimbangkan hormone
  • Mengobati reumatik dan Impotensi
  • Membuang racun dari dalam tubuh
  • Menghilangkan / mengurangi reaksi alergi
Iklan