Mata


Kesehatan Mata

Mata adalah organ yang penting untuk manusia, otak manusia memiliki 2 area khusus untuk sensasi visualm yaitu area yang menerima sensasi visual dari mata dan area yang menterjemahkan sensasi visual tersebut agar dapat dimengerti oelh manusia. Jika salah satu area tersebut mengalami gangguan, maka proses penginderaan visual juga akan terganggu, tidak dapat melihat, atau tidak mengerti apa yang dilihat.

Dalam era elektronik saat ini, radiasi dari elektronik tersebut dapat mengganggu kesehatan. Banyak sekali dari kita menghabiskan sebagian besar waktunya di depan komputer, tv, laptop, ponsel, tablet atau alat elektronik lainnya. Hal ini sering kali dapat menyebabkan sakit kepala berat, pAndangan kabur, mata kering hingga pada kerabunan. Maka dari itu kita perlu mencegah agar mata kita tetap sehat dan cantik karena mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kita.

Jenis-jenis Gangguan Penyakit Mata adalah

  • Gangguan mata hpermetropi (rabun dekat), hanya mampu melihat dengan jelas benda-benda yang jaraknya jauh, benda yang dekat justru terlihat tidak jelas.
  • Gangguan mata miopi (rabun jauh), hanya mampu melihat benda-benda yang jaraknya dekat ini disebabkan oleh bola mata terlalu panjang sehingga bayang-bayang dari benda yang jauh akan jatuh didepan retina. Untuk gangguan mata seperti ini dapat di tolong dengan lensa cekung. Hal ini biasa terjadi pada anak-anak.
  • Gangguan mata presbiopi (mata tua), tidak dapat melihat dengan jelas dari jarak dekat maupun jauh, ini terjadi pada usia diatas 40 tahun.
  • Gangguan mata astigmatisma, hanya mampu melihat dengan jelas baris-baris tertentu. garis vertikal terlihat lebih jelas jika dibandingkan garis horizontal hal ini disebabkan oleh kelainan bola mata atau permukaan lensa mata mempunyai kelengkungan yang tidak sama sehingga menyebabkan bayang-bayang jatuh tidak pada tempat yang sama. cacat seperti ini dapat di tolong dengan lensa silindris yang mempunyai beberapa fokus.
  • Gangguan mata katarak, yaitu lensa mata buram dan elastisitasnya berkurang. terjadi karena pengapuran pada lensa sehingga menyebabkan pandangan menjadi kabur.

Jenis-jenis gangguan mata yang lainnya

  • Xeroftalmia, Kornea menjadi  kering dan bersisik
  • Imeralopi (Rabun senja), Pada senja penderita mengalami rabun
  • Keratomelasi, Kornea menjadi putih dan rusak.
  • Buta warna, Terjadi ketika terdapat masalah dengan butiran sensor warna (pigmen) dalam sel-sel saraf tertentu dari mata. Penyakit buta warna dapat menurun laki-laki lebih sering mengalami gangguan mata jenis ini. Buta warna karena turunan tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dibantu dengan menggunakan kaca mata lensa warna

Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mengubah Pola Makan

Banyak sekali makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mata, misalkan saja brokoli, minyak ikan, telur, sayuran dan buah. Selain itu buah dan sayur-sayuran juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan pada mata kita. Lutein adalah salah satu antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada mata. Zat ini banyak ditemukan dalam sayuran seperti selada, kangkung, bayam dan daun bawang. Selain itu juga sayuran yang berdaun hijau gelap, terutama bayam. Tidak hanya bayam, omega 3 juga banyak ditemukan dalam ikan salmon.

  • Perbanyaklah Istirahat 

Bila Anda banyak menghabiskan hari dengan menatap layar komputer atau laptop, usahakan terapkan aturan 20-20-20. Maksudnya, ambillah istirahat selama 20 detik setiap 20 menit dan mengarahkan pandangan sejauh 20 meter. Kita juga pasti tahu, radiasi yang disebabkan komputer atau alat digital lainnya dapat sangat membahayakan mata kita.

  • Lakukan Cara Alternatif Melindungi Mata

Setelah itu, cara alternatif untuk melindungi mata kita dari teknologi digital ini adalah dengan mengubah posisi letak lingkungan kerja kita. Anda harus mengatur kecerahan dan kontras layar komputer yang tepat untuk menghindari ketegangan mata.

  • Istirahat Cukup

Sama seperti anggota tubuh yang lainnya, mata juga butuh istirahat yang cukup. Seperti menonton dan depan komputer berjam-jam sangatlah membuat mata cukup lelah, maka dengan itu selangkanlah waktu sedikit untuk mengistirahatkan mata sejenak dengan melihat objek yang jauh. Kenapa dengan objek yang jauh? karena dengan melihat objek yang jauh maka ruang lingkup mata akan terbuka dan lebih menenangkan.

  • Telur

Memang telur sangat kaya akan Protein dan Vitamin. Telur juga memeliki Vitamin A yang tentunya sangat baik sekali untuk mata. Selain itu, kandungan Lutein dan Zeaxanthin yang ada di putih telur diketahui bisa mencegah penyakit katarak.

  • Periksa Mata. 

Jika mata anda terasa ada yang beda atau jika mata anda kemasukan benda-benda kecil, sebaiknya untuk memeriksa mata anda ke dokter.

Menjaga Kesehatan Mata dengan Herbal 

Dalam era elektronik saat ini, radiasi dari elektronik tersebut dapat mengganggu kesehatan. Banyak sekali dari kita menghabiskan sebagian besar waktunya di depan komputer, tv, laptop, ponsel, tablet atau alat elektronik lainnya. Hal ini sering kali dapat menyebabkan sakit kepala berat, pandangan kabur, mata kering hingga pada kerabunan. Maka dari itu kita perlu membantu mengurangi agar mata kita tetap sehat dan cantik karena mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kita. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata anda. Kini hadir VISINA TASNIM yang berkhasiat menjaga kesehatan mata anda yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Komposisi : 

  • Madu
  • Kitolod
  • Takokak
  • Wortel
  • Daun Sirih
  • Buah Merah Papua
Khasiat :
  • Membantu menyehatkan mata
  • Mengatasi iritasi mata
  • Membantu memulihkan mata minus/mata plus (-/+), mata silinder, katarak dan glukoma

Aturan minum :

Dewasa       : 3×1-3 sendok makan/hari

Anak           : 2×1-2 sendok makan/hari

Kocok dahulu sebelum diminum 

(Sebaiknya diminum dengan air hangat 100cc / 3 sendok makan atau menyesuaikan)

Iklan