Sendi


Obat Herbal Nyeri Sendi

Masyarakat sering keliru menganggap nyeri sendi  disebabkan oleh asam urat dan rematik. Kedua penyakit ini memang dapat menyebabkan nyeri sendi tetapi jarang terjadi.  Penyebab utama nyeri sendi pada usia diatas 45 tahun, khususnya lutut dan pinggul adalah penggapuran sendi, pada usia dibawah 45 tahun, penyebab nyeri sendi adalah peradangan otot akibat aktivitas fisik yang berlebihan atau kurang karena cidera olahraga.

Secara medis nyeri sendi dapat diobati dengan ibuprofen atau obat khusus nyeri sendi steroid seperti pyroxicam atau obat oleh yang berfungsi untuk memberikan rasa hanga sehingga meredakan nyeri.  Obat penghilang rasa nyeri memang sangat membantu mengatasi nyeri sendi, tetapi bagi anda yang sering mengalami masalah sendi mengkonsumsi obat pereda nyeri bukan hal yang baik karena menimbulkan efek samping seperti gagal ginjal, menganggu kesehatan lambung, hati dan kelancaran pembuluh darah. Sehingga untuk mengatsi nyeri sendi disarankan untuk menggunakan bahan herbal yang memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit tanpa menimbulkan efek samping .

Berikut ini bahan herbal untuk mengatasi nyeri sendi

  • Teh Hijau

The hijau sencha juga mampu mengobati nyeri sendi. Proses pembuatan dari the sencha ini cukup unik. Daunsencha yang telah dipanen ditempatkan ke dalam ruangan berupa oven basah untuk beberapa waktu. Tujuan dari penguapan ini dalah untuk menghentikan  oksidadi sebelum akhirnya daun sencha dirajang dan dikeringkan.

  • Kemangi

Daun kemangi sudah lama dikenal sebagai obat untuk sendi yang efektif sebagai anti inflamasi. Kemangi menyembuhkan bengkak dan meredakan radang sendi. Kemangi juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang tentunya baik untuk mencegah osteoporosis tulang.

  • Lidah buaya

Sebagai obat untu sendi yang mengalami peradangan, lidah buaya dapat meningkatkan kelenturan sendi anda. Lidah buaya juga membantu proses regenerasi sel-sel tubuh anda. Nyeri pada sendi karena peradangan akan berkurang karena lidah buaya juga mampu memperlkuat otot-otot sendi anda.

  • Kunyit

Kunyit selama ini lebih sering dikenal sebagai salah satu bumbu masakan, namun ternyata kunyit juga memiliki manfaat banyak untuk kesehatan, salah satu manfaat  kunyit untuk radang sendi . Kandungan bahan aktifnya yang disebut curcumin merupakan antioksidan yang sangat efektif meredam peradangan yang dialami oleh mereka yang mengalami radang sendi atau atritis.

Atritis  berarti radang sendi dan bisa berdampak pada jaringan di sekitar persendian, seperti pada otot, ligamen, dan tendon. Seiring waktu, peradangan ini bisa menghancurkan jaringan persendian. Efek dari kondisi ini akan membatasi aktivitas keseharian, seperti sulit untuk berjalan dan menggunakan tangan. Atritis terjadi saat sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melawan infeksi, tetapi justru menyerang sel normal pada persendian dan membuat sendi terasa nyeri, bengkak, dan kaku. Penyakit ini lebih sering didera oleh wanita, terutama yang sudah berusia di atas 40 tahun.

  • Beras Kencur

haluskan beras dan kencur menjadi adonan, tambahkan sedikit minyak tawon sebagai perekat, lalu oleskan pada area sendi yang nyeri. Tak lama akan muncul rasa hangat dan efek seolah sesuatu merambat di dalam persendian dan tak lama rasa nyeri Anda mulai mereda. Langkah ini juga baik untuk meredakan pegal linu dan keseleo.

  • Asam Jawa

Oleskan minyak gosok berupa larutan ramuan minyak VCo atau virgin coconut oil dengan asam jawa yang Anda lumatkan dan diamkan dalam minyak VCO selama 3 jam. Larutan ini akan membantu meredakan pembengkakan, rasa nyeri dan membantu melancarkan aliran darah yang akhirnya membantu otot dan persendian menjadi lebih relaks. Membantu iritasi pada persendian dan otot sehingga nyeri sendi teratasi lebih cepat.

  • Jintan Hitam

Jintan hitam atau habbatussauda dapat mengobati nyeri sendi karena banyak mengandung flavonoid dan antioksidan yang efektif sebagai anti inflamasi. Kandungan asam salisilat pada jintan hitam adalah aspirin alamiah yang menjadikan jintan hitam ampuh sebagai analgesic dalam pengobatan nyeri sendi.

  • Naturatik 

Naturatik adalah obat herbal  alami, Berkhasiat untuk mengobati nyeri sendi, asam urat dan rheumatik (pegel, linu, kemeng, kaku). Diracik berdasarkan efek farmakologi setiap herbal, zat aktif dan fungsi tanaman obat. Sehingga Naturatik memiliki khasiat utama meringankan perawatan penyakit penyakit dari ini permasalahan, merekonstruksi organ yang rusak serta sistem peredaran darah, dan menghilangkan gejala-gejalanya.

Naturatik dibuat dengan  tumbuh-tumbuhan berkhasiat dengan proses ekstraksi, sehingga mudah diserap dan mudah dikeluarkan jika berlebihan tanpa khawatir efek samping dan merusak pada ginjal dan organ lain.

Kandungan Naturatik:

  • Sidaguri : Menurunkan kadar asam urat dalam darah
  • Sambiloto dan Lada hitam : Mengurangi rasa sakit (analgetik).
  • Temulawak : Menghilangkan peradangan ( anti inflamasi)
  • Daun Tempuyung : Membantu mengurangi kembali kelebihan kadar asam urat

Rangkuman Khasiat Naturatik:

  • Mengobati asam urat,rematik,pegal linu, dan nyeri sendi,
  • Mengatasi radang sendi ( arthritis),
  • Mengurangi rasa nyeri, linu pada tulang dan persendian,
  • Mengurangi pengapuran sendi (osteorthritis) dan pengpuran tulang ( osteoporosis).
Iklan